Senin, 15 Juni 2009

Awas! Bahaya Mengancam Anak Anda


Saat ini, bukan hanya bahaya berat badan berlebih saja yang dapat diderita buah hati Anda, tapi bahaya kenaikan tekanan darah dapat juga dialaminya, yang dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung dan stroke pada saat mereka baru berusia 20 tahun.

Ini bukan hanya perkiraan saja, tapi merupakan hasil dari penelitan dari dokter-dokter di AS, yang tertuang dalam Journal of the American Medical Association.

Walaupun penelitian itu dilakukan terhadap anak-anak Amerika, yang berusia antara 8 - 12 tahun, tapi tidak berarti bahwa hal itu tidak terjadi pada anak-anak di Indonesia. Dan untuk itu diperlukan penelitan lebih lanjut dari para ahli di Indonesia.

Dari penelitian tersebut, terlihat bahwa terjadi peningkatan proporsi berat badan berlebih, untuk anak laki-laki dari 11,3 % pada tahun 1988 - 1994 dan 15,5 % pada tahun 1999 - 2000 dan untuk anak perempuan, dari 9,7 persen menjadi 15,5 %. Sedang pada penelitian lain, yang menghubungkan dengan kenaikan tekanan darah, terlihat kenaikan pada tekanan sistolik (nilai atas pengukuran tekanan darah) sebesar 1,4 mmHg dan tekanan sistolik (nilai bawah pengukuran tekanan darah), sebesar 3,3 mmHg.

Peningkatan-peningkatan ini disebabkan karena meningkatnya Indeks Masa Tubuh, yaitu perbandingan antara tinggi badan dan berat badan anak, diet anak yang berubah dimana lebih menyukai makanan cepat saji dan berkurangnya aktifitas fisik anak dimana anak lebih senang menonton televisi dan permainan dari layar televisi atau komputer.

Cara mengatasinya? Ubahlah gaya hidup buah hati Anda, usahakan mempunyai berat badan yang ideal dan berolahragalah.

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar