Rabu, 01 Juli 2009

Saat Wanita Memasuki Masa Menopause

Seorang wanita disebut memasuki atau mengalami menopause bila ia tidak lagi mengalami menstruasi. Pada umumnya, seorang wanita mengalami menopause antara umur 45 sampai 55 tahun.

Gejala dan tanda menopause yang dialami seorang wanita berbeda satu sama lain. Beberapa wanita tidak akan terlalu merasakan gejala saat memasuki masa menopause. Beberapa yang lain akan merasakan keluhan hebat baik fisik maupun mental.

Beberapa tanda dan gejala tersebut antara lain :

Perdarahan
Gejala ini terutama muncul pada saat permulaan menopause, sehingga serikng kali disebut sebagai gejala peralihan. Pada kondisi ini, darah keluar dari vagina secara tidak teratur, tidak seperti menstruasi yang datangnya teratur. Perdarahan akan muncul beberapa kali dalam rentang beberapa bulan untuk kemudian berhenti sama sekali.

Panas
Memasuki masa menopause, seorang wanita seringkali mengalami rasa panas mulai dari wajah menyebar ke seluruh tubuh. Pada umumnya, rasa panas yang dirasakan disertai dengan berkeringat dan warna kemerahan pada kulit. Terjadi selama kurang lebih antara 30 detik hingga beberapa menit. Rasa panas ini timbul akibat fluktuasi hormon estrogen.

Berkeringat di malam hari
Wanita yang mengalami gejala ini akan mengalami tidur yang tidak lelap.

Perubahan pada vagina
Timbul karena perubahan yang terjadi pada lapisan dinding vagina. Akibat kadar estrogen yang turun, vagina menjadi kering, kurang elastis, rasa gatal, dan sakit pada saat melakukan hubungan. Perubahan vagina menyebabkan wanita menopause rentan mengalami infeksi vagina.

Perkemihan
Selain terjadi perubahan pada vagina, saluran urethra (saluran yang menyalurkan air seni dari kandung kemih ke luar tubuh) juga berubah. Saluran urethra akan mengering, menipis dan berkurang keelastisannya. Perubahan pada saluran urethra menyebabkan wanita menopause rentan terkena infeksi saluran kencing, merasa selalu ingin buang air kecil dan ngompol.

Emosional dan kognitif
Wanita yang akan memasuki masa menopause seringkali mengalami gejala emosional dan kognitif yang bervariasi, seperti:

  1. Kelelahan mental
  2. Masalah daya ingat
  3. Cenderung mudah marah
  4. Mood berubah dengan cepat

Perubahan fisik lainnya
Terjadi perubahan distribusi lemak tubuh. Pada wanita menopause, lemak akan menumpuk pada pinggul dan perut. Selain itu, tekstur kulit juga mengalami perubahan, terdapat kerutan-kerutan pada kulit, yang terkadang disertai dengan timbulnya jerawat.

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar